Komputer

Senin, 27 Juni 2011

Rancangan Kopling YAMAHA JUPITER MX LC 135

Kopling
Apa itu kopling ?, hmm.. ini adalah pertanyaan yang paling pertama pada saat suatu istilah biasa disebutkan. Pertanyaan ini pula yang biasa ditanyakan oleh si prof. ketika dalam kelas, eits.. Bukan berarti semua mahasiswanya bisa jawab kala pertayaan ini dilontarkan, jangan mentang-mentang anak kuliahan!, hehehe. Terkadang memang ada mahasiswa yang masih kurang paham, ada juga yang gak tahu sama sekali ( tapi klo yang ini jarang terjadi di kota-kota besar, wehehe..), parahnya ada yang punya persepsi salah tentang kopling atau dalam bahasa inggrisnya disebut cluth. Begini misal, si prof tanya " apa itu kopling ?", mahasiswa yang salah persepsinya jawab, " itu lho pak, yang biasa ditekan pake tangan itu, hmm.. itu tu yang sebelah kiri biasanya ". Eh si prof nya jadi ngamuk. " Itu pedalnya ! bukan koplingnya !". Hahaha, bisa panjang urusannya kalo begini. Ya, semoga hal yang seperti ini tidak terulang lagi kedepan. Karena klo begini ceritanya mending gak usa tau aja soal kopling.

Baik, kopling adalah suatu elemen mesin yang menghubungkan poros yang digerakkan dan poros penggerak, dengan putaran dalam meneruskan daya, serta dapat melepaskan hubungan kedua poros tersebut baik dalam keadaan diam maupun berputar.

Kopling dibagi atas dua macam yaitu, kopling tetap dan kopling tidak tetap dengan pembagiannya lagi masing-masing. Pada rancangan kopling Yamaha Jupiter MX LC 135 ini menggunakan kopling plat, yang tergolong dalam kopling tak tetap. Rancangan kopling ini merupakan salah satu tugas rancangan dalam mata kuliah jurusan teknik mesin. Silakan download disini untuk mendapat filenya. Keterbatasan ilmu dan kemungkinan ada salah penulisan didalamnya supaya dapat maklumi. Semoga dapat membantu.

__________
dipublikasi oleh jambogle/27 Juni 2011

0 komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Artikel