Komputer

Minggu, 26 Juni 2011

Rancangan Elemen Mesin Sabuk dan Puli

Mesin Penggiling Padi
Banyak sekali luteratur teknik mesin dan keteknikan lainnya dalam dunia maya, namun terkadang agak sedikit atau sangat mengecewakan manakala apa yang paling dibutuhkan  itu jadi tidak terpenuhi. Nah, ini yang akan coba kita atasi. Kali ini akan kita coba bahas sedikit mengenai rancangan elemen mesin, khususnya tentang sabuk dan puli.
Dalam perancangan elemen mesin jika ada dua buah roda berbentuk silinder atau kerucut yang saling bersinggungan pada kelilingnya salah satu diputar maka yang  lain akan ikut berputar pula. Alat yang menggunakan cara kerja semacam ini untuk mentransmisikan daya disebut roda gesek. Cara ini cukup baik untuk meneruskan daya kecil dengan putaran yang tidak perlu tepat.
Guna mentransmisikan daya yang besar dan putaran yang tepat tidak dapat dilakukan dengan roda gesek. Untuk ini, kedua roda tersebut harus dibuat bergerigi pada kelilingnya sehingga penerusan daya dilakukan oleh gigi-gigi kedua roda yang saling berkait. Roda bergigi semacam ini disebut roda gigi.
Namun, jarak yang jauh antara dua buah poros sering tidak memungkinkan transmisi langsung dengan roda gigi. Dalam hal demikian, cara transmisi langsung dengan roda gigi. Dalam hal demikian, cara tranmisi putaran atau  daya yang lain dapat diterapkan. Dimana sebuah sabuk luwes atau rantai dibelitkan sekeliling puli atau sproket pada poros.
Transmisi dengan elemen mesin yang luwes dapat digolongkan atas tranmisi sabuk, tranmisi rantai, dan transmisi kabel atau tali. Dari macam-macam transmisi tersebut, kabel atau tali hanya dipakai untuk maksud khusus.
Sebagian besar transmisi sabuk menggunakan sabuk-V karena mudah penanganannya dan harganyapun murah. Karena terjadi slip antara puli dan sabuk, sabuk-V tidak dapat meneruskan putaran dengan perbandingan yang tepat. Dengan sabuk gilir transmisi dapat dilakukan dengan perbandingan putaran yang tepat seperti pada roda gigi. Karena itu sabuk gilir telah digunakan secara luas dalam industri mesin jahit, komputer, mesin fotokopi, mesin tik listrik, dan sebagainya.
Beberapa paragraf yang telah anda baca diatas merupakan sedikit dari pendahuluan dalam contoh perancangan komponen puli dan sabuk pada mesin penggiling padi yang beroperasi di beberata wilayah dalam provinsi Aceh yang bisa anda download disini. Dalam rancangan ini dijelaskan tentang penambahan komponen puli penegang agar sabuk penghubung puli penggerak ke puli yang digerakkan tidak perlu dibuka, dan juga sedikit tambahan teori dan perhitungan tentang roda gigi kerucut. Untuk lebih silahkan mendownload link dibawah ini. Semoga dapat membantu. 
Untuk contoh cover download disini
Untuk contoh lembar pengesahan download disini
Untuk contoh isi download disini
__________
dipublikasi oleh jambogle.blogspot.com/27 Juni 2011




0 komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Artikel